Seminar Public Relations Management 2019
Sebagai salah satu akibat dari kemajuan teknologi yang mampu
merubah tatanan kehidupan manusia, Public Relations atau PR sudah merupakan
fenomena dan sekaligus kebutuhan yang mutlak harus dipenuhi. Dalam dunia usaha
maupun organisasi lainnya, Public Relations (hubungan masyarakat) kini telah
menjadi bahan yang tidak terpisahkan dari aspek komunikasi lainnya seperti
pemasaran, promosi, iklan dan penjualan.
Kegiatan PR yang meliputi berbagai fungsi, konsep dan
teknik-teknik pelaksanaannya telah berkembang menjadi ‘suatu lembaga’ yang
dianggap harus ada untuk mendampingi organisasi, apapun bentuk organisasi
tersebut.
Sekarang ini, kehidupan sudah menjadi sedemikian
kompleksnya, sehingga apa yang dikatakan atau apa yang dikehendaki, agar bisa
terpenuhi, manusia maupun organisasi mutlak mendapatkan pengertian atau bahkan
kalau mungkin dukungan dari pihak lain, terhadap apa yang dinyatakan.
Pengertian apalagi dukungan dari berbagai pihak yang latar belakangnya
bervariasi, makin lama makin sulit untuk didapatkan. Apa yang sering dilakukan
adalah menberitahukan kepada khalayak umum tentang ‘siapa dan bagaimana diri
kita’. Kegiatan semacam ini, lazimnya disebut PUBLISITAS, yang merupakan salah
satu tahap dari keseluruhan kerja PR.
Dalam perkembangannya, PR tidak lagi hanya berfungsi
memberitahukan kepada pihak lain tentang siapa dan bagaimana diri kita, tetapi
juga memberitahukan kepada ‘kita’ tentang apa dan bagaimana pendapat atau
pikiran lain terhadap ‘diri kita’.
Dengan demikian kita menjadi mampu merencanakan tindak
lanjut dalam usaha kita mencapai tujuan organisasi yang meliputi apa yang harus
dilakukan, bagaimana caranya dan dengan sarana apa sebagai pendukung. Seluruh
kegiatan tersebut merupakan mata rantai kerja PR. Jadi, diperlukan usaha
peningkatan ketrampilan untuk merancang dan mempengaruhi publik, yang dapat
dilakukan dengan mengikuti suatu seminar intensif.
TUJUAN
Agar memiliki kemampuan untuk mengkomunikasikan berbagai
ide, melaksanakan rancangan program kepada berbagai kelompok masyarakat sasaran
organisasi, untuk mendapatkan pengertian dan dukungan, disertai dengan
kemampuan untuk mengevaluasi perilaku masyarakat, mengidentifikasikan
kebijaksanaan dan prosedur organisasi sesuai dengan kepemtingan masyarakat.
Komentar
Posting Komentar